Seri Webinar Literasi Digital Membahas Peran Penting Pemasaran Influencer Dalam Pengembangan Bisnis

Influencer marketing memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis, khususnya di dunia digital.

Hal itu disampaikan Analis Manajemen Keamanan Siber/Diskominfotik Prov NTB R Ronald Ommy Yulyantho.

Mulai Selasa (3 Juli 2023) Webinar Pentingnya Influencer Marketing dalam Pengembangan Bisnis: “Di zaman yang terlalu banyak penjahat dunia maya, menggunakan influencer marketing dapat membantu produk Anda menjadi pusat perhatian (brand). Bisa jadi.”

Meski demikian, hal itu bisa membuat konsumen lebih percaya pada produk dan mengurangi risiko, kata Ronald.

“Selain itu, perlindungan data menjadi prioritas keamanan siber kegiatan bisnis dan transaksi lainnya,” ujarnya.

Webinar diselenggarakan sebagai bentuk peran aktif Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam mendukung pengembangan usaha para pengusaha di komunitas kecil dan menengah. Webinar ini merupakan rangkaian program di Indonesia yang semakin digital melalui kegiatan literasi digital.

Untuk menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menjadi #Indonesia yang lebih digital, Kominfo bekerja sama dengan Gerakan Literasi Digital CyberCreative (GNLD) untuk melakukan kegiatan literasi digital online di Bali, Nusa Tenggara dan sekitarnya.

Sementara itu, CEO Regional ACSB Jawa Timur Meithiana Indrasari mengatakan dunia kita saat ini adalah dunia digital, dan mari kita isi dan jadikan sebagai ruang budaya tempat anak-anak bangsa tumbuh dan berinteraksi.

“Nilai-nilai Pancasila dan Benika Tungal Eka merupakan pondasi untuk membangun bangsa yang bermartabat,” ujarnya.

Puteri Indonesia NTT 2022 Preldy Angela Lyric yang juga seorang entrepreneur atau influencer mengatakan bahwa membuat konten membutuhkan perencanaan.

“Jika Anda menerbitkan konten, Anda harus berpikir matang untuk membangun bisnis Anda di era digitalisasi,” ujar Bridy.

Saat memasarkan suatu produk, pengusaha influencer sering menggunakan tayangan yang memiliki relasi luas, pengikut banyak, pengaruh dan panutan bagi banyak orang.

“Sebagai entrepreneur dan influencer, saya memiliki rekam jejak yang selalu memperhatikan keselamatan, etika dan perencanaan yang baik. Selalu berpegang teguh pada nilai-nilai kebhinekaan Pancasila dan Persatuan serta menggunakan teknologi secara positif, produktif dan aman,” jelasnya.

Diketahui, Kemenkominfo telah melakukan literasi digital kepada 1.097 orang pada tahun 2014. Pada tahun 2023, 5,5 juta orang berpartisipasi dalam kegiatan literasi digital pada tahun 2022, dan 50 juta orang menargetkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan literasi digital pada tahun 2024.

Kegiatan webinar dibuka dengan video talk oleh Menkominfo Johnny G. Platty, talk show oleh Samuel A. Pengirapan, Sekjen Aptika Kominfo, dan video replay empat pilar literasi digital: (keterampilan digital , digital). Etika, Budaya Digital, dan Keamanan Digital) dan pemaparan pembicara yang berkelanjutan.

Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia bersama GNLD Sibercreation terus menjalankan Program Pemberdayaan Indonesia Digital melalui kegiatan literasi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Masyarakat dapat mengakses akun media sosial literasidigital.id atau Kominfo (Instagram, Facebook, Youtube) untuk mengikuti kegiatan terkini.